Sejarah Poltekkes Kemenkes Banten

Pada awalnya institusi pendidikan kesehatan milik Departemen Kesehatan Republik Indonesia yang beradadi Provinsi Banten, hanya dua institusi pendidikan jenjang menengah yaitu Sekolah Perawat kesehatan (SPK) Tangerang dan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Rangkasbitung yang diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI pada tanggal 28 Juni 1980.

Seiring perkembangan tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan keperawatan dan kebidanan, maka pada tahun 1996 pemerintah mengkonversi pendidikan jenjang menengah menjadi jenjang pendidikan tinggi dan merubah Sekolah Perawat Kesehatan Tangerang menjadi Akademi Keperawatan Tangerang dan Sekolah Perawat Kesehatan Rangkasbitung menjadi Akademi Kebidanan Rangkasbitung.

Selanjutnya pada tahun 2001, institusi pendidikan kesehatan dibawah Departemen Kesehatan RI, kembali mengalami perubahan kelembagaan melalui penggabungan beberapa Akademi Kesehatan, maka berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI Nomor 298/Menkes-kesos/SK/IV/2001, tanggal 16 April 2001 berdirilah Politeknik Kesehatan Bandung, yang didalamnya termasuk Akademi Keperawatan Tangerang dan Akademi Kebidanan Rangkasbitung kemudian berubah nama menjadi Program Studi Keperawatan Tangerang dan Program Studi Kebidanan Rangkasbitung.

Seiring dengan semangat otonomi daerah dan realitas geografis yang cukup jauh, maka pada tanggal 4 Oktober 2001, sesuai dengan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2001 terbentuklah Provinsi Banten terpisah dari Provinsi Jawa Barat.
Memperhatikan perubahan daerah otonom provinsi Banten tersebut, maka Program Studi Keperawatan dan Program Studi Kebidanan yang ada di wilayah Provinsi Banten, melalui dukungan Pemerintah Provinsi Banten mendorong terbentuknya Poltekkes Kemenkes Banten. Mengacu pada ketentuan perundangan yang ada, bahwa pendirian Politeknik Kesehatan dipersyaratkan terdiri dari minimal tiga Jurusan/ Program Studi, sehingga melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor OT.01.01.1.4.2.02642, tanggal 21 Mei 2008, Tentang Penataan Lokasi Program Studi Analis Kesehatan Bandung di Tangerang, sehingga Poltekkes Bandung menambah satu Program Studi / Jurusan Analis Kesehatan yang berlokasi di Tangerang. Penambahan Program Studi ini dimaksudkan untuk memungkinkannya pendirian Poltekkes Banten agar terpenuhinya persyaratan pendiriannya. Poltekkes Kemenkes Banten berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1988 / Menkes / Per/IX/ 2011 tanggal 29 September 2011 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan.

Politeknik Kesehatan Banten merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan RI, berada di bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kesehatan, secara fungsional dibina oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan (Pusdiklatnakes). Politeknik Kesehatan Banten bertugas untuk menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan pada tingkat Diploma III dan IV dan saat ini memiliki 3 jurusan yang terdiri dari :

1. Keperawatan Tangerang yang berlokasi di Jalan dr. Sitanala, Kec. Neglasari Kota Tangerang

2. Kebidanan Rangkasbitung yang berlokasi di Jalan Jend, A. Yani KM 2, Kec. Rangkasbitung Kabupaten Lebak, dan

3. Analis Kesehatan Tangerang yang berlokasi di Jalan dr. Sitanala, Kec. Neglasari Kota Tangerang

© 2015 Poltekkes Kemenkes Banten.