Seminar Nasional 2018

 

Pada hari Sabtu, tanggal 24 November 2018 diadakan Seminar Nasional Kesehatan 2018 dengan tema “Interprofesional Kolaborasi Tenaga Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan Pada Kondisi Bencana Alam” di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan. Peserta berjumlah kurang lebih 1000 orang yang terdiri dari mahasiswa Poltekkes Kemenkes Banten, mahasiswa kesehatan, tenaga kesehatan di Provinsi Banten dan Jawa Barat, serta tamu undangan segenap dosen civitas akademika Poltekkes Kemenkes Banten yang juga dihadiri oleh Kepala Badan PPSDMK Kemenkes RI Bapak drg. Usman Sumantri, M.Sc.

Pada pagi hari, para peserta mulai registrasi yang dilanjutkan pembukaan acara dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan tari sambutan khas Jawa Barat yaitu bajidor kahot, lalu disambung dengan laporan ketua pelaksana serta sambutan-sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh Presiden Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Banten dan sambutan yang kedua oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Banten yaitu Ibu Hj. Een Sukaedah S.KM, M.Kes sekaligus membuka acara secara simbolis. Setelah acara dibuka secara simbolis oleh direktur, langsung disambung dengan pemaparan materi dengan Keynote Speaker Bapak drg. Usman Sumantri, M.Sc selaku Kepala Badan PPSDMK Kemenkes RI dengan pembahasan Kebijakan Penyiapan Tenaga Kesehatan dalam Menangani Kondisi Bencana Alam , dan 3 Narasumber serta Talkshow bersama 3 Organisasi Profesi dari IBI, PPNI dan PATELKI, Narasumber yang pertama yaitu Ibu Mellisa Aprilia, SKM dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang dimoderatori oleh Ibu Suhartini, SKM, M.KM dengan materi yang dibahas yaitu Pengertian, Dampak dan Bencana Alam yang Sedang serta Sering Terjadi di Indonesia. Narasumber yang kedua yaitu Bapak Agus Hendriyono, SKM, MA dari Krisis Center Kemenkes RI yang dimoderatori oleh Bapak Ns. Sunardi, Sp. KMB dengan materi yang dibahas yaitu Strategi Tenaga Kesehatan dalam Menanggulangi Bencana Alam. Narasumber yang ketiga yaitu Bapak Drs. H. Nasihin, M.Kes selaku Wakil Direktur II Poltekkes Kemenkes Banten yang dimoderatori oleh dr. Citra Trisna, MARS dengan materi yang dibahas yaitu Penanganan Dampak Psikologis pada Korban Bencana Alam.

Setelah semua materi terpaparkan oleh keynote speaker dan 3 Narasumber, lalu acara diisi oleh bintang tamu yaitu Ayu Putri Sundari, 4 finalis Indonesian Idol 2018, yang dilanjutkan dengan ishoma. Setelah ishoma, seluruh peserta kembali keruangan untuk melanjutkan acara yaitu talkshow bersama 3 organisasi profesi yang dimoderatori oleh Ibu Nining Kurniati, S.Pd, M.Kes dengan materi diskusi yaitu Peran Profesi Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan pada Kondisi Bencana Alam. Setelah talkshow berakhir, acara ditutup pada sore hari dengan pembacaan do’a penutup.

Comments are closed.

© 2015 Poltekkes Kemenkes Banten.