DUKUNG PROGRAM PENDIDIKAN, POLTEKKES BANTEN LAKSANAKAN PROGRAM BEASISWA UNTUK MAHASISWA TIDAK MAMPU SECARA EKONOMI

Untuk mendukung program nasional pemerintah dalam rangka pemerataan pendidikan. Poltekkes Banten memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu di tiap tahunnya.

Program beasiswa tersebut sudah berjalan hingga saat ini, berdasarkan sumber dari bidang Kemahasiswaan Poltekkes Banten untuk tahun 2024 ada sebanyak 271 mahasiswa yang menerima program beasiswa tersebut. angka tersebut berdasarkan dengan ketentuan 20 % dari jumlah total target mahasiswa.
Dalam sosialisasi yang dilaksanakan tanggal 26 September 2024 di Kampus Tangerang TLM Jl Dr Sitanala Neglasari Kota Tangerang, bekerja sama dengan salah satu bank mitra Poltekkes Banten dalam hal ini BTN disampaikan bagaimana teknis pelaksanaannya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh jajaran pimpinan diantaranya Wadir II Cecep Dani Sucipto MSc, plt Wadir III Dr. Omo Sutomo, S.Pd.,M.Kes, Kasubag ADAK, Pj Kemahasiswaan, bidang Keuangan dan mahasiswa yang terkait.

Adapun setiap mahasiswa penerima program beasiswa tersebut mendapatkan bantuan berupa biaya UKT dengan nilai yang bervariasi, untuk mahasiswa baru sebesar 50 % dan untuk mahasiswa lama sebesar 100 % dengan kewajiban sebagai berikut :

  1. Menyelesaikan pendidikan sesuai dengan kurikulum program studi:
    a. Diploma III maksimal 6 Semester
    b. Pendidikan Profesi Ners maksimal 2 Semester,
    c. Sarjana Terapan Keperawatan maksimal 8 semester
  2. Apabila melebihi masa pendidikan yang telah ditetapkan maka segala pembiayaan menjadi beban yang bersangkutan.
  3. Menaati ketentuan peraturan program studi yang bersangkutan.
  4. Melaporkan Kartu Hasil Studi (KHS) tiap semester dengan IP minimal 3.00.

Dengan adanya program beasiswa ini diharapkan dapat membantu dan memberi kesempatan mahasiswa dari keluarga ekonomi tidak mampu untuk mengenyam pendidikan ke jenjang perguruan tinggi khususnya di Poltekkes Banten ( Humas_kemahasiswaan_poltekkesbanten-2024)